Home / Berita Satuan / Danrem 031/WB Bersama Gubri Hadiri Panen Raya Program Ketahanan Pangan di Rohil

Danrem 031/WB Bersama Gubri Hadiri Panen Raya Program Ketahanan Pangan di Rohil

Rohil – Bertempat di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kabupaten Rohil Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M. Han bersama Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. dan Kepala Bulog Riau-Kepri, Bahtiar Sekar menghadiri kegiatan Panen Raya bersama Dalam Rangka Program Ketahanan Pangan Pemda Rohil dan Kodim 0321/Rohil disambut langsung oleh Bupati Rohil H. Suyatno, Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rakhman Wahyudi,SIP, MI.Pol serta Forkopimda Kabupaten Rohil , Selasa (30.03.21).

Tiba di Kabupaten Rohil menggunakan Helikopter, Kegiatan diawali dengan Rombongan Danrem bersama Gubri menuju ke lokasi Panen Raya Semangka dan mencicipi hasil Panen Semangka dilanjutkan dengan peresmian Kilang Padi Bumdes Mekar Sari Jaya yang bekerja sama dengan Primer Koperasi Kartika Rohil Kodim 0321/Rohil. Setelah itu Danrem dan rombongan langsung menuju Lokasi Panen Raya Padi yang merupakan Pokok acara.

Dalam Sambutannya Bupati Rohil menyampaikan “Lahan yang berada didepan kita kurang lebih seluas 500 Ha yang sebagian merupakan tanah timbul dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan luas panen padi yang akan kita laksanakan hari ini yaitu seluas 186 Ha, dimana sebelumnnya kami juga sudah pernah melaksanakan panen perdana seluas 350 Ha,” ujarnya. Bupati juga mengucapkan terimakasih Gubernur Riau atas sumbangan keuangan yang diberikan untuk pembangunan kilang padi milik Bumdes yang tadi telah diresmikan oleh bapak Gubri, Juga jembatan Pekaitan yang sudah siap dibangun yang juga merupakan bantuan bapak Gubri.

Disamping itu Danrem 031/Wira Bima dalam sambutannya juga menyampaikan sangat bersyukur dan menyambut gembira kegiatan panen raya di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil hari ini karena ini merupakan panen raya yang ketiga dimana sebelumnya telah dilaksanakan panen raya pertama seluas 40 Ha dengan hasil 180 ton beras,dan Panen Raya kedua seluas 133 Ha dengan hasil 650 ton beras. Untuk panen raya yang ketiga dengan luas 350 Ha yang kita laksanakan hari ini diperoleh hasil perkiraan 1.500 ton beras dengan jenis padi yang beragam yaitu Serang Aceh, Padi KKB, Padi Kalus, Padi Indragiri, Padi Legawa dan Padi Ramos. Untuk itu saya ucapkan selamat kepada petani dan pendamping atas hasil panen kali ini karena keberhasilan pertanian kita telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kep. Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil dimana pada tahun 2019 desa ini masih berstatus desa sangat tertinggal dan sekarang sudah menjadi desa berkembang.

Danrem juga berharap Semoga hasil panen ini kian menambah motivasi petani untuk lebih meningkatkan baik luas tanam maupun hasil panen padi perhektar. Peran TNI dalam ketahanan pangan merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat dan pemda dalam upaya membantu meningkatkan perekonomian wilayah yang akan mendukung peningkatan perekonomian nasional. Sinergitas yang dibangun oleh dinas pertanian Kab. Rohil dan Kodim 0321/Rohil bersama 12 kelompok tani binaan di Kep. Rokan Baru Pesisir dalam pengelolaan lahan tidur menjadi lahan pertanian yang produktif seluas 350 Ha. “Hal yang perlu diapresiasi yaitu peningkatan perluasan lahan yang sangat signifikan yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan serta penanaman padi tanpa pupuk kimia. “Kedepan Korem 031/Wira Bima beserta Kodim jajaran akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian bekerja sama dengan Pemda dan dinas pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Riau, ujar Danrem.(Pen031)

Check Also

Danrem 031/Wira Bima Pimpin Upacara Sertijab Kasi Ren 031/WB

PEKANBARU – Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M.Han memimpin langsung …