Home / Berita Satuan / Digelar Secara Virtual,.Danrem 031/WB Hadiri HANI 2021

Digelar Secara Virtual,.Danrem 031/WB Hadiri HANI 2021

PEKANBARU – Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan hadiri Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021. Senin (28/6) di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

Kegiatan yang digelar secara virtual dan dibuka Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose tersebut, juga di hadiri Gubernur Riau (Gubri) Riau, Syamsuar, Kepala (BNNP) Riau Brigjen Pol Kenedy, serta Forkopinda lingkungan Pemprov Riau.

Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan HANI 2021 ini sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan pada implementasi rencana aksi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah dikeluarkan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika P4GN Tahun 2020-2024.

Selanjutnya, ia mengatakan peringatan HANI ini juga sebagai bentuk langkah strategis yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya perang melawan narkotika melalui pendekatan soft power approach.

“Bentuk aktivitas agar masyarakat punya ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika selain itu juga dilakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahgunaan narkotika,” katanya.

Petrus mengungkapkan, berikutnya ada pendekatan hard power approach yakni memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkotika.

“Serta smart power approach penggunaan teknologi informasi di era digital dalam upaya penanggulangan narkotika,” tuturnya.

Untuk itu, ia berharap momentum HANI 2021 ini sebagai program berkesinambungan dalam upaya BNN dan stakeholder terkait untuk gerakan Desa bersinar yaitu menuju Indonesia bersinar atau Indonesia bersih narkoba.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan, pihaknya siap bersama mendukung perang melawan narkoba sesuai yang disampaikan kepala BNN dalam mewujdukan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba). Terutama di tingkat desa.

“Tadi juga kami sudah mendengar sambutan dari Kepala BNN yang berkenaan dengan desa-desa yang dipersiapkan untuk perhatikan kita pada desa Bersinar ini,” katanya.

Selain itu kata Gubri, untuk beberapa daerah pesisir di Provinsi Riau ada yang digunakan sebagai pintu masuk narkoba dari luar negeri. Sehingga hal ini kesulitan untuk mendeteksi masuknya narkoba ke Provinsi Riau karena banyak pelabuhan yang ada di seluruh wilayah tersebut.

“Namun, berkat kesigapan dan kerja sama yang baik dari BNN bersama Polri termasuk angkatan laut, TNI, Bea Cukai, kita sudah melihat kerjanya banyak menghasilkan penangkapan terhadap narkoba yang ada di Provinsi Riau,” tutupnya.

Check Also

Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan Kunker Presiden RI Ke Riau

PEKANBARU – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin SIP., M.M Pimpin Apel Gelar Pasukan …