Home / Berita Satuan / Peringatan HUT RI Ke-75. Danrem 031/WB : Meski Sederhana, Tapi Tidak Mengurangi Pada Makna

Peringatan HUT RI Ke-75. Danrem 031/WB : Meski Sederhana, Tapi Tidak Mengurangi Pada Makna

PEKANBARU – Meski upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-75 tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana, Komandan Korem (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, menyampaikan tidak mengurangi pada makna dan hikmah peringatan. Pasalnya upacara dan perayaan HUT RI Ke-75 ini masih bisa dijiwai dengan baik sesuai perjuangan pejuang kemerdekaan Indonesia sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, Senin (17/8) usai penurunan bendera merah putih secara virtual di Gedung Daerah Pekanbaru. Dikatakannya jika upacara HUT RI Ke-75 tahun 2020 ini memang beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid 19. Sehingga tidak ada masalah yang tujuannya juga demi mengantisipasi terjadi penyebaran dan penularan Covid 19 yang saat masih meningkat di berbagai daerah. Termasuk Provinsi Riau yang masih terjadi peningkatan.

“Memang kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sedikit beda, akan tetapi tidak mengurangi makna dan hikmah dari upacara terkait,” katanya.

Selain itu katanya, untuk HUT RI Ke-75 tahun 2020 ini, temanya juga terkait bangga pada produk Indonesia. Artinya peringatan HUT RI Ke-75 kali ini juga harus bisa menyesuaikan sebagimana mestinya.

“Jadi harapannya, sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga dan harus mencintai produk-produk Indonesia,” kata Jenderal bintang satu ini.

Terkait penanganan Covid 19 saat ini, ia kembali berpesan berpesan kepada masyarakat untuk tetap mengedepankan dan menerapkan protokol kesehatan. Terutama dalam kegiatan-kegiatan atau pekerjaan yang berhubungan dengan orang banyak. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan melakukan cuci tangan sesering mungkin.

“Karena untuk menghindari atau mencegah terpapar Covid 19 itu, kuncinya dengan terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” jelasnya.

Disinggung tentang program sosial seperti bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid 19, ia juga mengatakan akan terus melakukan kegiatan tersebut secara berkelanjutan. Karena bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam meringankan beban ekonomi yang saat ini terganggu oleh musibah Covid 19. Terutama masyarakat tidak mampu yang sangat membutuhkan uluran tangan.

“Justru, program kita ini juga mendapat dukungan dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Seperti instansi, relawan dan komunitas lainya yang juga ingin sama-sama bersinergi membantu masyarakat yang terdampak Covid 19 di Riau,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk kepedulian terhadap masyarakat selama pandemi Covid 19 ini, hingga kini anggota atau personel Korem 031/WB masih tersebar di berbagai lingkungan masyarakat, terutama di tempat-tempat keramaian yang selalu siap melayani kapanpun dibutuhkan masyarakat. Penempatan anggota tersebut akan dilakukan sampai adanya intsruksi dari pusat dan kondisi pandemi Covid 19 betul-betul sudah menunjukan perubahan membaik. “Yang pasti kita kita harapkan dalam waktu cepat musibah ini segera berlalu dan kehidupan masyarakat kembali normal seperti sebelumnya,” tutur putra asli bumi lancang kuning ini. (pen031)

Check Also

SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1442 H